77 Peserta Dari 108 Pendaftar Lolos Seleksi (PPWS Online Angkatan Enam)

77-peserta-dari-108-pendaftar-lolos-seleksi-ppws-online-angkatan-enam

Portal Balitbang Kemdikbud, Jakarta, Rabu  21 Mei 2014. Sampai batas akhir pendaftaran calon peserta pelatihan angkatan enam, sebanyak 108 terdaftar sebagai calon peserta. Memasuki batas akhir pemenuhan persyaratan calon peserta pelatihan  hanya 77 calon peserta yang dinyatakan memenuhi persyaratan untuk menjadi peserta pelatihan pembuatan website secara online untuk angkatan enam ini (daftar peserta terlampir).

Sejak tanggal 19 Mei 2014, username dan password secara berangsur-angsur telah  dikirimkan kepada seluruh calon peserta pelatihan yang dinyatakan lolos seleksi administrasi. Username  dan password merupakaan sarana bagi seluruh peserta untuk dapat mengikuti pelatihan secara online. Pada hari Rabu tanggal 21 Mei 2014 sekitar pukul 07.00 WIB pagi ini alhamdulilah pihak penyelenggara telah berhasil mengunggah   video pelatihan yang akan dapat dilihat oleh peserta dengan menggunakan username dan password yang telah diberikan pihak penyelenggara.

Video pelatihan yang diunggah adalah materi untuk bab satu. Melalui video dimaksud para peserta dapat mempelajari dan mempraktikkannya. Bila peserta mengalami kesulitan ada fasilitas tanya jawab yang disediakan waktunya antara jam 16.00 s/d 20.00, untuk materi yang menjadi pokok bahasan.

Dengan model seperti itulah, peserta diharapkan akan mampu menguasai sekaligus mempraktikkan materi yang menjadi target pelatihan pada hari itu. Peserta akan dinilai aktivitasnya dan hasilnya sampai dengan jam 06.00 hari berikutnya. Pola seperti inilah yang akan dilaksanakan selama tujuh hari ke depan

Tentang Program
Program Pelatihan Pembuatan Website Sekolah (PPWS) Online adalah embrio (rintisan) program percepatan peningkatan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sebagai penunjang pembelajaran yang ramah lingkungan (go green), efisien, dan berkeadilan. Jika dilakukan dengan model pelatihan tatap muka ada jadwal yang ketat dan jam praktek yang sangat terbatas, pada PPWS Online ini peserta mendapatkan waktu belajar maupun berlatih dengan relatif longgar.

Kegiatan pelatihan dari Bagian Perencanaan dan Penganggaran Sekretariat Balitbang Kemdikbud ini  diselenggarakan tanpa memungut bayaran dari peserta alias gratis. Di samping mendapatkan ilmu, setiap peserta juga akan mendapatkan fasilitas domain dan hosting serta sertifikat resmi dari Balitbang Kemdikbud. 

Upaya  ini diharapkan dapat mendukung percepatan program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam menghantar terwujudnya generasi emas Indonesia pada  tahun 2045. Sesuai dengan motto pelaksanaan kegiatan yakni  “Mudahkanlah,  jangan dipersulit!” dan “Membuat website sekolah?MUDAH”.  Semoga!

Pendaftar yang belum lolos seleksi
Berkenaan dengan calon peserta yang sudah mendaftar dan sampai dengan batas akhir pemenuhan persyaratan belum dapat memenuhinya, dengan sangat terpaksa kami memindahkan ke pelaksanaan pelatihan angkatan berikutnya (angkatan Tujuh). Dengan penundaan tesebut pihak penyelenggara berharap para calon peserta dapat melengkapi persyaratan administrasi yang telah ditetapkan.

Persyaratan administrasi tersebut sampai saat ini masih tetap diperlukan agar program ini tetap berada pada jalurnya, yakni seluruh peserta adalah para pengelola web sekolah/madrasah, sehingga seluruh sekolah/madrasah  dapat mempunyai web yang sangat diperlukan untuk menunjang keberhasilan proses belajar mengajar.

Akhirnya, kepada seluruh peserta PPWS Online angkatan enam kami sampaikan ucapan selamat mengikuti pelatihan dari awal sampai akhir! Semoga sehat selalu dan mendapatkan  ilmu yang bermanfaat dan berkelanjutan. Amien (YSU/DD)